-->

2011/03/08

SD Izumi


Izumi shougakkou (SD Izumi)

Kadang -kadang saya diminta untuk mengisi materi di SD-SD.
Sebagai orang asing..sebagai orang Indonesia tentunya.
Sekitar musim semi tahun ini saya diajak mengunjungi Izumi shougakkou (SD Izumi)
Berhubung musim semi, anak anak sibuk praktek menanam di halaman sekolah.

Kali ini materi akan saya sampaikan untuk anak kelas 4 SD. Materi di sampaikan di hall sekolah tidak di kelas jadi harus ekstra suara keras. Kebetulan organisasi yang mengundang saya adalah NPO yang mengusung bendera pentingnya pemahaman Internasional. Kalau istilah sederhananya tak kenal maka tak sayang. Walau sederhana saya sangat berharap pemahaman Internasional dari dini sedikit banyak dapat mengurangi saling benci antar negara yang kedepannya tentu saja perdamaian dunia.
Selain itu organisasi ini mengajarkan pentingnya bahasa (dalam hal ini bahasa Inggris sebagai bahasa persatuan dunia) untuk mendukung pemahaman Internasional itu sendiri.

Di Izumi shougakkou (SD Izumi) saya diminta sedikit berakting sebagai orang asing yang ketinggalan tas di stasiun, tak bisa berbahasa Jepang (padahal suatu kenyataan) dan tentu saja kesulitan mencari tas saya. Dengan beberapa gestur tubuh saya akhirnya mendapatkan kembali tas saya yg sudah di simpan oleh petugas stasiun. hehee saya baru pertama kali berakting didepan banyak orang benar- benar modal nekad ^^

Setelah acara selesai, saya menyempatkan diri berkeliling. Kebetulan sudah jam makan siang. Di sini, anak sekolah makan siang disediakan oleh sekolah dari dana POM. Biasanya ada perusahaan katering yang ditunjuk untuk memasak dan nantinya mengantar makanan setiap hari ke sekolah-sekolah. Jadi tidak ada gerobak dan acara jajan di luar pagar sekolah.
Petugas pembagian makanan bergilir setiap minggunya..
Kali ini saya melihat proses makan siang anak kelas 1
tertib, rapi dan tentu saja menggemaskan....mereka menggotong sendiri makanan dan membagikannya ke teman- teman.
berkebun..
Izumi Shougakkou

petugas sibuk membagikan nampan
Izumi Shougakkou

antri ni ye ^^
petugas menggunakan masket dan baju putih serta topi khusus
Izumi Shougakkou
masing masing kelas beda warna topi dan bolanya

itadakimasuuuuu
Izumi Shougakkou



mereka gotong sendiri ..
Izumi Shougakkou




Tidak ada komentar:

Posting Komentar