-->

2012/09/05

Memanfaatkan Keindonesiaanku...

Ketika kita kebetulan berkesempatan tinggal di luar negeri ada beberapa bekal yang ada baiknya disiapkan. Salah satunya ya menguasai bahasa di negara tempat kita tinggal kelak. Walaupun hal ini tidak mutlak, karena seiring sejalannya waktu biasanya kita pun lama-kelamaan mengerti dan bisa berbahasa di negara tempat kita tinggal itu.

Selain itu, pengetahuan tentang Indonesiaan kita adalah modal utama. Misalnya bisa menari atau memaikan alat musik khas Indonesia. Terus terang saya termasuk yang tidak menyadari hal ini. Tapi bukan berarti saya tidak bisa lagi memanfaatkan keindonesiaan saya. 

Nah, karena saya perempuan...dan saya sarankan kepada mereka yang mengaku perempuan ^^ untuk bisa atau setidaknya mengenal masakan Indonesia sebelum ke luar negeri. . Selain  bisa mengobati rindu pada masakan tanah air, ternyata memasak bisa jadi nilai plus kita nantinya.

Misalnya saya. Awal April tahun ini tiba-tiba saya `ditodong`  menggantikan teman sebagai konsultan wakil dari Bahasa Indonesia disebuah asosiasi pertukaran budaya dikota tempat saya tinggal. Dari konsultan yang sudah- sudah sepertinya untuk konsultan Bahasa Indonesia, baru saya wakil  yang berstatus ibu rumah tangga, lainnya S1 atau S2 hehehe  rada ga pedeee ^^

Oh ya tugas saya diasosiasi ini hanya seminggu sekali, dan itu juga cuma tiga jam. Menurut saya ini pengalaman berharga. Mengingat saya sendiri belum pernah ngantor baik di Indonesia maupun di Jepang . Lahan pembelajaran lagi buat saya ^^

Tugas utama saya  melayani mereka yang konsultasi baik orang Indonesia yang mengalami masalah kehidupan sehari hari dikota tempat kami tinggal ini, maupun melayani orang Jepang atau orang asing lainnya yang ingin tau tentang Indonesia.  Sekali lagi pengetahuan Indonesia saya di uji. Ini pun jadi kesempatan buat saya lebih mengenal Indonesia lebih dari sebelumnya.  Namanya orang konsultasi masalahnya juga beragam. Lagi lagi mesti belajar banyak ^^.


Kembali ke soal masak....
Sebeneranya tentang hal masak memasak pun saya tak begitu mahir. Lebih tepatnya saya aktif belajar masakan Indonesia justru di Jepang. Di Indonesia dulu cuma jadi asisten ibu di dapur. Saat masih di Indonesia mana pernah saya capek-capek membuat peganan sendiri. Semisal empek-empek,baso tahu, kelepon...ah tinggal tancap gas ke pasar pagi atau supermarket atau pujasera semua sudah dengan gampang beralih ke perut saya.

Diasosiasi ini  pun sering diadakan pula pengenalan budaya masing-masing negara. Berhubung saya tidak bisa menari apalagi memainkan alat musik, maka saya memilih memasak. 

Akhirnya diputuskan dari bagian Bahasa Indonesia akan diadakan talk salon. Selain memasak  nanti para peserta akan mendengarkan cerita saya tentang Indonesia.

Pendaftaran peserta pun di buka. Ruang belajar direserfasi. Ruangan belajar yang dipakai adalah salah satu ruangan di exchange centre for lifelong learning (semacam tempat berkegiatan/ kursus dengan biaya murah). Biasanya tempat-tempat semacam ini bertaburan diseluruh Jepang. Beruntung sekali kami mendapatkan ruangan belajar gratis.

 Ruangan sendiri dilengkapi pemanas maupun AC, pemanas air serta penyedot uap dari masakan. Ada 6 meja masak berteknologi IH (Induction Heating). Berhubung apartemen saya masih pake kompor listrik biasa maka kami berlatih dulu diruangan ini dua minggu sebelum hari H heheheh daripada nanti gurunya gaptek kan repot^^.  Masing-masing meja lengkap dengan alat masak panci frypan, pisau, gelas ukur dll. Semua alat sudah ditempeli warna senada . Ini memudahkan peserta mengelompokkan barang setelah selesai pemakaian, dan tentu saja pemakai harus mengecek satu persatu kelengkapan barang. List barang terlampir di kertas yang harus diserahkan pada saat pengembalian kunci ruangan. Sungguh apik, bersih dan tentu saja teratur. Di dinding kanan berjejer alat makan baik yang bergaya Jepang maupun non Jepang. Dipojok lain berjejer ricecook dan termos untuk membuat air panas masing masing berjumlah 6 buah. Peserta tidak perlu membawa apa-apa kecuali epron dan penutup kepala. Ah pokoknya takjub.....karena dengan kelengkapan begini mereka bisa mengratiskan pemakaiainya.  Maka saya pun tak pernah merasa sia-sia membayar pajak  .... karena uangnya dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat lagi.

ruang belajar tampak dari dalam 



ruang belajar tampak dari luar 
Talk salon dilaksanakan pada hari senin, sesuai jadwal saya di asosiasi tersebut. Awalnya ada sedikit keraguan apa ada orang Jepang yang ingin belajar masakan asing di senin siang. Namun, alhamdulillah yang ingin tau Indonesia ternyata banyak juga. Terkumpul juga 16 orang peserta. 

sengaja peserta tidak diperkenankan melihat kertas resep yang dibagikan, agar semua memperhatikan apa yang saya bicarakan...begitu ucapan panitia... *tambah degdegan ga keruaan...



menjelaskan bahan dan step by step proses masak
my first handmade epron














Pada kesempatan kali ini saya mengajarkan dua menu. Sup lobak yang diadaptasi dari soto Bandung dan nasi goreng berbumbu teri dan bawang putih. Nasi goreng resep andalan ibu saya. Sudah teruji sejak saya kecil hehehhehe ^^
sup lobak idenya dari soto bandung 


nasi goreng




Bahan bumbu nasi goreng saya ulek sendiri praktek di depan mereka. Setelah itu mereka mencoba praktek dengan ulekan. Ngulek sendiri `mudah` buat kita tapi `ternyata perlu tenaga` kata mereka. 
menjelaskan cara menggunaka ulekan... *ga tau kenapa mba nya sampe kaget begitu  ^^
seru seruan membuat nasi goreng ^^ 


Selama proses pengajaran saya dibantu dua asisten cantik Dini dan Any. Dini sedang S2 di salah satu univ di kota kami. Any calon ibu yang sedang menantikan kelahiran bayinya. Terima kasih banyak sudah meluangkan waktu disela-sela kesibukan kalian. m( )m
kiri :Dini, kanan Any


Setelah proses memasak selesai, peserta membawa hasil masakan mereka keruangan lain. Lalu mereka menyantapnya. Setelah itu barulah saya bercerita tentang Indonesia. Sebenernya ceritanya sederhana, tentang Indonesia secara umum dan sedikit profile saya (keknya kurang penting bagian ini ya heheh) dan karena kebetulan acara dilakukan sebelum puasa maka sedikit saya tambahkan cerita Ramadhan.  Lalu yang bikin nga sederhana apa? ya itu dengan kemampuan bahasa Jepang ala ibu RT saya harus cuap cuap sekitar 45-1 jam... wiuhhh degdegan bangettt ..
satu hal lagi yang bikin senang adalah acara masak kali ini diliput oleh tv kabel lokal. Baru level tv lokal gpp ya ^^ Walau dengan cara sederhana semoga selalu bisa memanfaatkan keindonesiaanku untuk lebih mengenalkan Indonesia disini. Dan Goodthinkers yuk selalu bangga jadi orang Indonesia. 

Merdeka!! ^^v


bagian terdegdeg..presentasi








15 komentar:

  1. Balasan
    1. makasih Piya udah sempetin baca...sebenernya bukan amazin ichi tapi lucky ichi kli ya... beruntung bisa dapat kesempatan ini ^^

      Hapus
  2. kereeeenn....... ibu RT yg ini mah jago banget bahasa jepangnya... hehe... ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mama nisaaaa awas yaaaa... suka gitu ih... masih banyak kanji yg blom kebaca hehehe

      Hapus
  3. Subarashii, mbak Ichi... Deg-degan, tapi pastinya tak terlupakan. Bagian yang ngulek-ngulek itu, emang lucu ya kayaknya buat mereka :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. teh diaah... arigatouuu.... banget mba... pengalaman idup ini mah hehehe...iya ngulek karena ga biasa megangnya juga kaku ya... *baru tau susahnya ngulek...

      Hapus
  4. mba Ichiii.. aku bener-bener NOL dalam bahasa Jepang, ada tips kah? *selain ikut kursus loh ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya lebih suka belajar lewat drama atau lagu mbak... lebih ga `tertekan` hhehehe ^^ cemangat mba ^^

      Hapus
  5. makasih jg cihi, d tgg acara2 berikutnya...(^0^)/

    BalasHapus
  6. aiiiihhhh...kereeeeeen.
    salut wat Ichi yang bisa punya kesempatan ini.
    jadi masukan wat diri sendiri,
    tuk lebih mengenal budaya negeri sendiri.
    thx dah share pengalamannya yak...
    bagi-bagi lagi critanya oke ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. saama sama Agn.... ^^doain ichi sehat disini biar bisa banyak berkegiatan ^^
      merdeka!! ^^

      Hapus
  7. oaaaa sugoi,,,, keyennnnn >.<,,,, sip jempol mba,,, uhooo jadi pengen ke jepunnnn mari menabunggggg hihihihi >.<

    BalasHapus
  8. hebat mba ichi >.< share pengalamannya bagus.. lucunya pas lagi ngulek itu..pas bgt yang ambil fotonya..:D..
    Semangat terus ya...>.<

    BalasHapus