-->

2012/06/22

angka


Mengajar angka....

Hari sabtu pagi adalah hari jadwal saya mengajar bahasa Indonesia kepada keempat orang Jepang.

Begitu pula sabtu ini....saya baru  selesai mengajar. Murid-murid saya yg sudah cukup lanjut usia rata rata umur mereka diatas 70 tahun. Harus banyak cara agar pembelajaran tidak `keras dan membosankan`. 
Hari ini saya mengajarkan angka, supaya lebih gampang diinget dan menarik saya memilih cara berbeda. Saya minta mereka menjadi penjual dan pembeli. Ada dialog bagaimana berbelanja. Saya ajarkan pula cara tawar-menawar layaknya ibu- ibu belanja di pasar pagi. Dengan begini selain mengenal angka, mereka sekaligus mau tidak mau harus mengingat kosakata baru.


Seminggu lalu saat saya menugaskan kepada mereka untuk membawa gambar sebagai ganti barang jualan mereka. Saat ditugaskan mereka tampak antusias, tapi saya tak menyangka 2 dari 3 siswa yang mengerjakan tugas membuatnya dengan menggambar sendiri. Padahal minggu lalu saya bilang gunting saja dari majalah atau koran agar tak merepotkan.

sebagai kenang-kenangan saya foto dan bagikan ke GoodThinkers disini ^^




toko ikan....
lihat gambarnya... murid saya menggambarnya sendiri.... lucu-lucu ya ekspresi ikan-ikanya... (salah satunya paus hahaha masa jualan ikan pausss.....eitsss emang sebagian kecil orang jepang di prefektur tempat saya tinggal ini masih mengkonsumsi ikan paus)











toko baju
dibuat oleh murid saya paling muda...seorang wanita dengan usia kurang lebih 35-40 tahun... Dia sering ke Bali ... jadi bahasa indonesianya  sedikit lebih bagus dari murid yang lain.. Gambar- gambar inipun dia buat sendiri.







toko buah
beliau memang hanya mengcopinya dari buku... tapi pewarnaanya beliau kerjakan manual... ^^
Dibuat oleh murid saya usia 85 tahun. Beliau murid saya yang paling tua saya sangat menghormatinya. Alasannya sangat sederhana, karena usinya sudah lebih  lanjut beliaulah yang  paling sering lupa kosakata, beliau lah yang paling rajin...mengulang kembali di rumah lalu mengeceknya di kamus, mengerjakan PR bahkan membuat karangan sederhana yang nantinya dicek ulang oleh saya. 


Biar seru... proses jual beli menggunakan uang Indonesia aseli loh ^^









dan ini gantungan kunci atau strap Hp yg dibuat oleh murid saya dengan gambar pertama yg beliau bagikan kepada kami semua...tangannya memang trampil padahal bapak-bapak loh ^^

Ah saya pun makin cinta murid-murid saya ^^
semoga selalu semangat !!!







4 komentar:

  1. huwaaa seru yaa Ichi...
    salam buat para eyang from Indonesia :D

    BalasHapus
  2. iya mba heppy... ntar kusampein ke eyang eyang yg enerjik itu ^^

    BalasHapus
  3. jadi ngiri sm semangat para eyang...harus lebih semangat nih saya,umur ga boleh menjadi alasan untuk berhenti belajar :)

    BalasHapus