-->

2013/10/19

galasinan....



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.... ^^
Dear Gters....  ada kegiatan apa di hari minggu pagi ini dirumah Gters yang kreatif ^^
biasanya weekend gini keluarga suka olahraga bersama di minggu pagi ya... ^^
Nah minggu ini olahraga apa?
Tentunya yang murah meriah dan bisa diikuti seluruh anggota keluarga adalah pilihan paling baik ya ^^

oh ya ... masih ingat dengan galasin?
Dua minggu lalu saya sempat memperkenalkan permainan galasin kepada anak anak usia SD di sekitar tempat saya tinggal. Di Jepang biasanya di daerah setingkat kelurahan ada gedung gedung milik pemerintah yang dapat dimanfaatkan sebagai ruang belajar, berkegiatan, berkomunikasi (seperti rapat, pertemuan,pertukaran kebudayaan) dengan harga sewa murah bahkan ada yang gratis.

Di sini saya diberi kesempatan untuk memperkenalkan salah satu permainan anak di Indonesia. Selain saya ada juga pengajar dari negara lain seperti Polandia, Mongol dan Peru yang memperkenalkan permainan dari negara mereka.

pasport setelah diberi cap/stamp 
Pesertanya adalah anak-anak usia SD yang tinggal disekitar gedung pelaksaan . Mereka  dibagi menjadi 4 kelompok. Masing - masing kelompok akan digilir per20 menit untuk bisa bermain di 4 negara berbeda. Tiap anak dibekali kertas yang dibentuk sedemukian rupa menjadi pasport sederhana. Pasport ini nantikan akan dicap/distamp lambang- lambang negara yang telah mereka kunjungi untuk bermain.





saat memperkenalkan diri (ki-ka: Mongol, Peru, Indonesia, Polandia)




belajar Bahasa Indonesia
Sebelum memulai bermain, kami para pengajar diminta untuk mengajarkan kepada peserta tentang kata kata sederhana dalam bahasa masing-masing.

alat bantu mengajarkan bahasa Indonesia 


Setelah itu baru saya memaparkan cara bermain galasinnya. Hanya permainan di Indonesia yang butuh kekuatan fisik. Permainan galasin yang aktif membuat anak-anak bergerak dengan riangnya. Bukan saja mereka saya pun mandi keringat. ^^ Sampai sampai panita berkata kepada saya `Ichi, save tenaganya, masih ada 3 kelompok lagi loh yang mesti diajak bermain`. Hehehe.... saya juga seperti mengenang masa kecil. Dulu, di kalimantan galasin adalah permainan favorit  bila mati lampu dimalam hari di bulan purnama.
Setelah usai  bermain, anak anak diminta mengucapkan terimakasih dalam bahasa tempat mereka bermain lalu menuju negara lain. Setelah semua kelompok selesai bermain di keempat negara, masing-masing anak diminta mengisi angket. Bagaimana pendapat mereka tentang kegiatan hari 
ini. 
lantai ruangan yang bersih membuat anak- anak dengan leluasa bisa duduk dan berbaring


sebelum pulang anak-anak meminta masing-masing pengajar menandatangani pasport mereka.


Nah, Gters yang aktif dan kreatif.... hayuk kita galakkan juga permainan tradisional yang murah meriah dan menyehatkan seperti galasin ini ^^ 
Selamat berakhir pekan.... ^^

salam ,
GoodThinks ^^
m(  )m










4 komentar:

  1. Keren banget, mbak Ichi. Biarpun capek lari-lari ngajarin permainan galasin, tapi seru ya pastinya. ;)

    BalasHapus
  2. hehehe ternyata udha ga muda lgi... ngos ngosan mbaaa Diah ^^

    BalasHapus
  3. waaa.....seru nih, jadi terinspirasi membuat media pembelajaran untuk disekolah menggunakan stamp pasport....;)....arigatou mba ichi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip alhamdulillah klo menginspirasi... yg lucu lucu anak pasti seneng deh.. ganbatte bu guruuuu ^^

      Hapus